DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PESANTREN INTAN ILMU BARITO KUALA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD AJI RAJAB SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-10


Penelitian ini membahas tentang peran pendidikan pesantren dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin santri di Pesantren Intan Ilmu Barito Kuala Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis mengenai peran pendidikan pesantren dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin santri dari segi: (1) aspek peraturan, (2) aspek pemberian hukuman, (3) aspek pemberian penghargaan, dan (4) aspek konsistensi.

Penulis dalam penelitian ini menggunaka metode kualitatif. Sumber data yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langakah reduksi data, display dan verification.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran pendidikan pesantren dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin santri dari segi: (1) aspek peraturan yaitu dengan memberlakukan peraturan akademik dan peraturan kesantrian, (2) aspek pemberian hukuman sesuai dengan poin dan kategori pelanggaran disiplin santri, (3) aspek pemberian penghargaan bentuk dukungan pesantren terhadap santri yang mampu menerapkan kedisiplinan dalam kesehariannya, dan (4) aspek konsitensi dari pesantren yang mengotrol perilaku disiplin sehingga menjadi sebuah pembiasaan bagi santri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dan diberikan saran : (1) santri dapat menjalankan peraturan yang telah ditetapkan Pesanten Intan Ilmu dengan baik, (2) aspek hukuman terlihat dengan penerapan hukuman dengan sistem level yang dilakukan bagi santri yang melanggar hukuman, (3) bentuk pemberian penghargaan dari pesantren dapat memberikan motivasi santri untuk berperilaku disiplin, dan (4) meningkatkan konsistensi dalam penerapan peraturan serta penerapan sanksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI