DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POKDARWIS DI KAMPUNG SASIRANGAN KELURAHAN SUNGAI JINGAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-11


Nadia. 2021. Pokdarwis Di Kampung Sasirangan Kelurahan Sungai Jingah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Pembimbing I: Dr. Syahruddin, MA dan Pembimbing II : Jumriani, M.Pd.

Berkembangnya pariwisata di Kota Banjarmasin mampu meningkatkan perekonomian daerah, khususnya di Kampung Sasirangan Kelurahan Sungai Jingah. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) suatu kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan dan memanfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat. Adanya tuntutan kurikulum yang mengharuskan guru memanfaatkan lingkungan sekitar peserta didik atau lokal, sehingga kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarwis dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan profil umum pokdarwis di kampung sasirangan kelurahan sungai jingah. (2) Mendeskripsikan pokdarwis di kampung sasirangan kelurahan sungai jingah. (3) Mendeskripsikan pokdarwis sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan mendeskripsikan berdasarkan pengamatan apa adanya (natural setting) pada kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarwis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan Lurah, Pokdarwis, pemilik toko sasirangan serta guru IPS, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjang pengamatan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  (1) Pokdarwis  Sungai Jingah terbentuk pada Oktober 2017. Dengan jumlah anggota pokdarwis sebanyak 17 orang yang merupakan masyarakat sekitar sungai jingah. Tujuan Pokdarwis untuk menciptakan destinasi wisata baru, mempromosikan, membantu Program Pemerintah di Kampung Banjar Sungai Jingah agar para wisatawan bisa berkunjung dan dapat memberikan kesan kepada Kelurahan Sungai Jingah. (2) Pokdarwis  Sungai Jingah melakukan berbagai kegiatan diantaranya adalah Sungai Jingah Ba’sasirangan, promosi di sosial media, serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan festival, sosialisasi, dan pelatihan Pokdarwis. Ditambah dengan daya dukung dalam peengembangan wisata kampung sasirangan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, sumber daya manusianya, dan sarana dan prasarana.(3) Pokdarwis mengembangkan wisata Kampung Sasirangan dapat dijadikan sumber belaj

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI