DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PEMBANGUNAN PERUMAHAN TERHADAP ASPEK FISIK, SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SEMANGAT DALAM
PENGARANG:KASPUL ANWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-12


ABSTRAK

 

Kaspul Anwar, 2022, Dampak Pembangunan Perumahan terhadap Aspek Fisik, Sosial dan Ekonomi Masyarakat di Desa Semangat Dalam. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahyu, M.S, (II) Dr. Deasy Arisanty, M.Sc.

Kata Kunci: Pembangunan Perumahan, Aspek Fisik, Sosial, Ekonomi

Pembangunan perumahan di Desa Semangat Dalam sangat pesat dan membawa berbagai dampak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembangunan perumahan terhadap aspek fisik, sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Semangat Dalam.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 162 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan perumahan di Desa Semangat Dalam berdampak bagi aspek fisik, sosial dan ekonomi masyarakat. Dampak bisa diliihat dari hasil analisis korelasi sederhana antara variabel pembangunan perumahan (x) dan variabel dampak terhadap aspek fisik (y1), aspek sosial (y2) dan aspek ekonomi (y3). Nilai korelasi rxy1 sebesar 0,741 dengan p<0.01 yang berarti sangat signifikan. Nilai rxy2 sebesar 0,578 dengan p<0.01 yang berarti sangat signifikan. Nilai rxy3 sebesar 0,666 dengan p<0.01 yang berarti sangat signifikan. Artinya terdapat korelasi yang sangat signifkan antara pembangunan perumahan dengan dampak terhadap aspek fisik, aspek sosial dan aspek ekonomi. Dampak terhadap aspek fisik seperti perubahan pada jenis pemanfaatan lahan, bertambahnya bangunan, banyaknya toko di sepanjang jalan, dan perubahan kondisi jalan. Dampak terhadap aspek sosial seperti perubahan pada jumlah penduduk, perubahan jenis kegiatan sosial, dan perubahan pada perilaku hidup masyarakat. Dampak terhadap aspek ekonomi seperti naiknya harga lahan, perubahan penghasilan, ramainya perdagangan, dan tingginya persaingan hidup.

Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembangunan perumahan di Desa Semangat Dalam memberi dampak pada aspek fisik, sosial dan ekonomi masyarakat. Strategi pembangunan pasca pembangunan perumahan diantaranya adalah pembangunan perumahan harus memperhatikan kondisi lingkungan, pembinaan sosial dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI