DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA GANTUNG DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 PELAIHARI
PENGARANG:TRIDA SETIAWAN
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-07-09


TRIDA SETIAWAN. NIM. A1D1 12023. “Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Gantung Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pelaihari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2017. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Tri Irianto, M.Kes. (II) Dr. Rahmadi, M.Pd
Kata Kunci: Motivasi Pembelajaran, Lompat Jauh Gaya Gantung, Media Audio Visual
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi pembelajaran lompat jauh gaya gantung dengan menggunakan media audio visual pada peserta didik SMA Negeri 1 Pelaihari.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus, sumber data dalam penelitian ini peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pelaihari. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui, observasi, angket dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil Penelitian dengan menggunakan media audio visual dapat mengingkatkan motivasi pembelajaran lompat jauh gaya gantung pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pelaihari. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket yang di isi oleh peserta didik. Pada pengamatan awal sebelum penelitian, motivasi peserta didik hanya mendapat skor sebesar 2,99 dimana hanya 8,10% peserta didik yang motivasinya berada di katagori sangat baik, setelah dilakukan tindakan pada siklus I maka skor motivasi peserta didik meningkat menjadi 3,08 dan jumlah peserta didik yang memiliki motivasi dalam katagori sangat tinggi pun meningkat menjadi 10,81%. Pada siklus II motivasi peserta didik kembali mengalami peningkatan skor motivasi menjadi 3,22 hal ini di ikuti dengan semakin banyaknya peserta didik yang memiliki motivsi dalam katagori sangat baik, yaitu menjadi 40,54%. Pada siklus III motivasi peserta kembali mengalami peningkatan sehingga mendapatkan skor sebesar 3.30 dan sebanyak 72,03% peserta didik memiliki katagori motivasi sangat baik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik sebelum penelitian dilakukan mendapat skor sebesar 2,40 berdasarkan tabel klasifikasi maka termasuk dalam klasifikasi Cukup, setelah dilakukan tindakan pada siklus I maka terjadi peningkatan menjadi 3,08 dan siklus II mencapai 3,72 dan telah masuk dalam klasifikasi sangat baik. Pada siklus III skor akhir menunjukkan 3,88 sehingga penelitian di hentikan pada siklus III. Dengan demilian penerapan media audio visual pada pembelajaran lompat jauh gaya gantung dapat meningkatkan motivasi pembelajaran lompat jauh gaya gantung pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pelaihari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI