DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN LEMBAGA ADAT KEDAMANGAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI KALANGAN WARGA SUKU DAYAK SIANG DI KECAMATAN TANAH SIANG SELATAN KABUPATEN MURUNG RAYA TAHUN 2008-2018
PENGARANG:SAIRI ALPIANSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-12


Latar belakang penelitian adalah keberadaan Lembaga Adat Kedamangan Kecamatan Tanah Siang Selatan yang memiliki peranan dalam menyelesaikan permasalahan warga Suku Dayak Siang menurut Hukum Adat dan merukunkan pihak-pihak yang berperkara secara adat di Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya tahun 2008-2018. Tujuan penelitian untuk menjelaskan kewenangan, fungsi, serta permasalahan yang dapat ditangani Lembaga Adat Kedamangan dalam menegakan peradilan di kalangan warga Suku Dayak Siang di Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Tahun 2008-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Sejarah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu heuristik atau pengumpulan data yang dilakukan melalui metode wawancara. Tahap kedua dilakukan kritik data. Tahap ketiga interpretasi, dan tahap terakhir historiografi yaitu menulis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Adat Kedamangan Tanah Siang Selatan melalui Damang Kepala Adat memiliki kewenangan dalam mengatur, mengurus, dan membina persekutuan masyarakat hukum adat (kedamangan) serta memiliki fungsi sebagai peradilan adat yang diakui dan ditaati warga Suku Dayak Siang di Kecamatan Tanah Siang Selatan Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Lembaga Adat Kedamangan pada umumnya menangani permasalahan keluarga dan penganiayaan yang sifatnya ringan. Adapun Permasalahan yang ditangani oleh Lembaga Adat Kedamangan di Kecamatan Tanah Siang Selatan bervariasi diantaranya permasalahan penganiayaan ringan, kecelakaan lalu lintas serta masalah sengketa tanah/agraria.

Kesimpulan penelitian, Lembaga Adat Kedamangan merupakan sebuah Lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengatur, mengurus, membina, dan berperan besar dalam proses menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kalangan Warga Suku Dayak Siang, di Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Kata kunci: Peranan, Lembaga Adat, Kedamangan, Tanah Siang Selatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI