DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DESAIN ALTERNATIF PENANGANAN LONGSORAN DENGAN DINDING COUNTERFORT RUAS JALAN PADANG BATUNG – BATU LAKI, KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NUR ENDAH WIDYAWATI
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-09


ABSTRAK
Ruas jalan Padang Batung – Batu Laki, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan merupakan jalan yang sangat vital karena menghubungkan beberapa desa di wilayah tersebut. Longsor pada daerah tersebut memiliki panjang 100 meter dengan ketinggian sekitar 12 meter. Longsor terjadi disebabkan karena curah hujan yang tinggi dan sistem drainase yang buruk pada kawasan tersebut.
Perancangan ini dimulai dengan pengumpulan data penyelidikan di lapangan dan laboratorium. Kemudian dilanjutkan menghitung gaya yang bekerja pada dinding penahan tanah akibat beban lalu lintas dan tanah timbunan dengan metode Rankine. Dilanjutkan dengan perhitungan daya dukung yang bekerja pada tiang bor dan daya dukung lateral tiang. Setelah itu dimodelkan dan dianalisa menggunakan software Geo Studio 2007 untuk mendapatkan nilai safety factor. Terakhir, dihitung volume dan harga satuan pekerjaan untuk mendapatkan rencana anggaran biaya.
Dari hasil desain perancangan didapatkan Counterfort dengan dimensi dinding untuk ketinggian 7 m adalah 5,5 m lebar kaki dinding, 0,3 m untuk lebar dinding bagian atas, 0,5 m untuk tinggi kaki dinding dan lebar dinding bagian bawah, 0,3 m untuk lebar kisi-kisi dan 3 m untuk jarak antar kisi-kisi. Daya dukung lateral sebesar 52,797 ton, sedangkan untuk daya dukung vertikal yang diterima tiang sebesar 34,915 ton/tiang dan 8,800 ton/tiang untuk daya dukung lateral. Nilai Safety factor dari stabilitas lereng setelah penanganan adalah sebesar 1,721 > 1,25 maka dikatakan aman. Berdasarkan perhitungan volume dan harga satuan pekerjaan, perancangan ini memerlukan biaya sebesar Rp. 4.018.500.000,-.
Kata kunci: Longsor, Dinding Penahan Tanah, Kontrafort, Stabilitas Lereng

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI