DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS IX MELALUI PERMAINAN KECIL DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 BATU MANDI KABUPATEN BALANGAN PADA KD 3.2 DAN KD 4.2
PENGARANG:MUHAMAD FAISAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-13


Muhamad Faisal. NIM 1710122210021. Peningkatan Motivasi Peserta Didik Kelas IX Melalui Permainan Kecil Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMP Negeri 2 Batu Mandi Kabupaten Balangan Pada KD 3.2 Dan KD 4.2. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Sarmidi, M.Kes., AIFO (II) Dr.Sunarno Basuki, Drs., M.Kes., AIFO.

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik kelas IX melalui permainan kecil dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Batu Mandi Kabupaten Balangan pada KD 3.2 dan KD 4.2. Penelitian dilakukan melibatkan subyek penelitian peserta didik kelas IX SMPN 2 Batu Mandi yang berjumlah 17 orang. Metode penelitian dengan menggunakan metode classroom action research (penelitian tindakan kelas) dalam metode penelitian ini melalui beberapa tahap penelitian yang meliputi; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datas dalam penelitian ini berupa, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan berupa, data kualitatif dan data kuantitatif

        Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan kecil dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas IX dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Batu Mandi Kabupaten Balanagan pada KD 3.2 dan KD 4.2. Hasil observasi dan angket menunjukkan peningkatan motivasi peserta didik mulai dari kondisi awal hingga siklus II. Rata-rata hasil observasi peserta pada kondisi awal yaitu 39,71% atau berkategori rendah, meningkat pada siklus I menjadi 70,59% atau berkategori tinggi, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus I menjadi 86,03% atau berkategori sangat tinggi. Rata-rata hasil angket motivasi peserta didik pada kondisi awal yaitu 69,47% atau berkategori tinggi, meningkat pada siklus I menjadi 80,72% atau 

berkategori sangat tinggi, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II menjadi 90,68% atau berkategori sangat tinggi.

 

Kata kunci: Motivasi, permainan kecil, pembelajaran PJOK

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI