DIGITAL LIBRARY



JUDUL:VIRTUAL LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X MIPA I SMA PGRI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:WIDA HALIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-17


Wida Haliza, (1710111320011). 2021. Virtual Learning Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X Mipa I  Sma Pgri 6 Banjarmasin. (Pembimbing I : Heri Susanto, M.Pd dan Pembimbing II : Wisnu Subroto , S.S, M.A. )

            SMA PGRI 6 Banjarmasin adalah salah satu sekolah yang termasuk dalam daftar sekolah terdampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan sekolah tersebut melakukan pembelajaran online. Dalam peristiwa ini tenaga pendidik dituntut lebih banyak melakukan pembelajaran dengan menggunakan macam-macam model pembelajaran seperti Virtual. Dalam observasi peneliti menemukan beberapa kendala pada penggunaan Virtual Classroom dalam pembelajaran sejarah dimasa pandemi Covid-19. Oleh karena itu tenaga pendidik dituntut untuk lebih memaksimalkan sistem pembelajaran online   tersebut sebagai solusi dalam mengatasi kendala yang terjadi agar dapat hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19 di kelas X MIPA I SMA PGRI 6 Banjarmasin (2) Kendala yang terjadi dalam penggunaan Virtual Classroom dalam pembelajaran sejarah (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi dari kendala yang terjadi dalam penggunaan Virtual Classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X MIPA I.

            Penelitian inimenggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemgumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan  pendalaman observasi dan triangulasi.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran online  . Kemudian dalam pelaksanaan penggunaan google classroom  sebagai media pembelajaran yang lebih dominan digunakan terdapat beberapa kendala yaitu gangguan sinyal dan keterbatasan kuota, segi kehadiran siswa yang rendah, kurangnya motivasi belajar siswa, fasilitas pendukung pembelajaran online, kurangnya interaksi dan sulit memahami materi yang diberikan, serta penelitian ini mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam penggunaan media google classroom sebagai media pembelajaran sejarah secara online   di masa pandemi Covid-19.

Kata kunci: Media pembelajaran, Virtual Classroom, Google Classroom, Pembelajaran sejarah online.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI