DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Subsektor Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020
PENGARANG:AHMAD CHAIRY ZAIDIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-18


Ahmad Chairy Zaidir (2021). Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Subsektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja keuangan perusahaan produksi rokok yang terdaftar di BEI periode tahun 2017-2020. Subjek penelitian adalah rasio keuangan yang terdiri dari 1) Rasio Likuiditas, 2) Rasio Solvabilitas, 3) Rasio Aktivitas, dan 4) Rasio Profitabilitas dengan objek penelitian yaitu 1) HM Sampoerna Tbk, 2) Gudang Garam Tbk, 3) Bentoel Internasional Investama Tbk, 4) Wismilak Inti Makmur Tbk, dan 5) Indonesian Tobacco Tbk.

Metode dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan mengenai kinerja keuangan perusahaan industri barang konsumsi subsektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis rasio perbandingan dari periode ke periode maupun antar perusahaan, juga membandingkan dengan rasio industri. Disamping itu analisis dilakukan dengan menghitung trend untuk mengetahui tendensi atau kecenderungan keadaan keuangan dan kinerja perusahaan yang naik, turun atau tetap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar rasio likuiditas dari perusahaan produksi rokok sudah cukup baik. Namun terdapat 2 perusahaan yang rata-rata rasio likuiditasnya selalu berada dibawah standar industri, yaitu Bentoel Internasional Investama Tbk dan Indonesian Tobacco Tbk dikarenakan utang lancar yang cenderung naik setiap tahunnya. Rasio solvabilitas untuk perusahaan Gudang Garam Tbk dan Indonesian Tobacco Tbk cenderung mengalami penurunan yang disebabkan kenaikan utang. Rasio Aktivitas untuk perusahaan rokok secara keseluruhan cenderung mengalami penurunan akibat dari penjualan yang menurun terutama untuk tahun 2020. Rasio Profitabilitas secara keseluruhan mengalami penurunan dikarenakan penurunan saldo laba bahkan ada perusahaan yang sempat mengalami kerugian.

 

Kata Kunci: Analisis Rasio, Kinerja Keuangan, Likuiditas, Solvabilitas,                                     Aktivitas, Profitabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI