DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TRANSFORMASI PELAYANAN PUBLIK E-BUEN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER
PENGARANG:Mona Afrilia Risfa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-18


ABSTRAK

Mona Afrilia Risfa, 1810411620011, 2022 ” TRANSFORMASI PELAYANAN PUBLIK  E-BUEN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER,  di bawah bimbingan Tomi Oktavianor. 

Untuk menunjang transformasi pelayanan publik yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pada masa sekarang ini, yaitu dengan menggunakan pelayanan publik berbasis Elektronik (e-Services). Bertransformasinya (e-Buen), ini memudahkan dan serta-merta untuk mencapai sasaran yang tepat bagi Pelayanan Kependudukan DISDUKCAPIL Kabupaten Paser.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini pertama, untuk mengetahui proses transformasi pelayanan publik dari manual ke digital pada inovasi layanan e-Buen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Kedua, apa dampak dari transformasi pelayanan publik melalui digital pada inovasi layanan e-Buen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser.

Hasil penelitian menunjukan bahwa . Hadirnya pelayanan digital melalui program (e-Buen) dapat dikatakan efektif mengingat proses perubahan dari layanan manual/tatap muka ke daring sangat terlihat sekali perbedaanya, berdasarkan perubahan yang dilihat dari dimensi pelayanan maka penulis menyimpulkan terdapat perubahan dari pelayanan manual/tatap muka ke digital (e-Buen) terlihat pada sistem, masukan data, layanan fokus, penerbitan data, dan waktu yang dibutuhkan dalam proses pelayanan.

Saran tersebut diharapkan untuk ke arah yang mendatang pelayanan publik melalui digital yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser terkhusus pada inovasi layanan (e-Buen) dapat dikembangkan lebih luas serta lebih ditingkatkan lagi fitur-fiturnya agar lebih sempurna. transformasi digital dapat dikembangkan terus menerus secara bertahap dan menyeluruh pada setiap proses pelayanannya, baik secara struktur maupun mendetail untuk meningkatkan ke efektivitasan serta kinerja bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser.

Kata Kunci :  Tranformasi Pelayanan Publik, E- Services, Layanan Digital

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI