DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO PENILAIAN PASAR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, TBK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2019–KUARTAL III 2021)
PENGARANG:Putri Widyasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-18


            Industri ritel modern menjadi salah satu sektor bisnis yang terdampak akibat Pandemi Covid-19. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai kebijakan pembatasan wilayah yang mengakibatkan ruang gerak masyarakat terbatas, sehingga perilaku belanja masyarakat pun mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas yang diproksikan oleh PM, OM, ROA, ROIC, ROE, dan BEP serta rasio penilaian pasar yang diproksikan oleh P/ER, PBV, dan TQ terhadap nilai perusahaan (Dividend Payout Ratio) PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk selama Pandemi Covid-19. 

            Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 1 (satu) perusahaan ritel, yaitu PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui situs resmi BEI (www.idx.co.id) dan situs resmi Perseroan (www.alfamart.co.id) berupa data sekunder meliputi: Neraca dan Laba Rugi. 

            Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel PM, OM, ROA, ROIC, ROE, dan BEP tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, variabel P/ER, PBV, dan TQ berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI