DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021)
PENGARANG:DINAR ADIS TIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-18


Dinar Adis Tiyani, 1810413220024 Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi di Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021) dibimbing oleh Siti Hamidah.

            Penelitian ini memiliki tujuan untuk identifikasi tingkat pengaruh partisipasi masyarakat terhadap peran Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa Bawahan Selan, kecamatan Mataraman, kabupaten Banjar, provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif. Lokasi penelitian desa Bawahan Selan dengan populasi masyarakat desa Bawahan Selan telah memiliki kartu indentitas penduduk dan beralamatkan di Desa Bawahan Selan dan diambil 100 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampilng, dimana pengambilan sampel berdasarkan seleksi khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta analisis menggunakan regresi linier sederhana.

           

Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis pengaruh partisipasi masyarakat terhadap peran Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan masyarakat di desa Bawahan Selan kecamatan Mataraman kabupaten Banjar provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 berdasarkan hasil uji regresi sederhana Peran BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat (Y) dipengaruhi sebesar 37% oleh partisipasi masyarakat (X), sedangkan sisanya sebesar 63% dipengaruhi oleh faktor lain tidak diteliti dalam penelitian ini.

Saran untuk pemerintah desa Bawahan Selan dapat lebih terbuka dan informatif kepada masyarakat terkait program Badan Usaha Milik Desa. Pada pembahasan lain, diperlukan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam tahap perencanaan, pelasanaan prngambilan manfaat dan evaluasi program sebagai bentuk dari pemberdayaan masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI