DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Relasi Lelaki dan Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Perempuan yang Memburu Hujan dan Rindu Rumpun Ilalang
PENGARANG:Pahruji
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-18


Relasi lelaki dan perempuan digambarkan dengan jelas dalam kumpulan cerpen Perempuan yang Memburu Hujan karya Harie Insani Putra dan Sandi Firly serta kumpulan cerpen Rindu Rumpun Ilalang karya Nailiya Nikmah JKF. Relasi yang terjadi antara lelaki dan perempuan menampilkan pertukaran peran gender dan pemilik kekuasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran dan perbandingan relasi lelaki dan perempuan dalam kumpulan cerpen Perempuan yang Memburu Hujan karya Harie Insani Putra dan Sandi Firly serta kumpulan cerpen Rindu Rumpun Ilalang karya Nailiya Nikmah JKF.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari dalam kedua kumpulan cerpen tersebut. Data yang dikumpulkan berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang memuat informasi mengenai relasi laki-laki dengan perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) relasi lelaki dengan perempuan dalam kumpulan cerpen yang pertama berdasarkan pandangan gender maupun kekuasaan, memperlihatkan pertukaran peran gender (peran domestik dan peran publik) serta kepemilikan kekuasaan antara laki-laki dengan perempuan; 2) relasi lelaki dengan perempuan dalam kumpulan cerpen yang kedua berdasarkan pandangan gender maupun kekuasaan, memperlihatkan hasil yang sama dengan yang pertama. Dalam kedua kumpulan cerpen tersebut, lelaki tidak hanya berperan dalam peran publik, tetapi juga memiliki peran domestik. Begitu juga perempuan, tidak hanya berperan dalam peran domestik, tetapi juga memiliki peran publik. Dalam kedua kumpulan cerpen tersebut, kekuasaan dimiliki oleh lelaki dan perempuan; 3) perbandingan relasi lelaki dengan perempuan dalam kedua kumpulan cerpen tersebut memiliki persamaan dan perbedaan, baik dilihat darisudut pandang gender maupun kekuasaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI