DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM BUKU TEKS SEJARAH SMA KELAS XI
PENGARANG:RAIHANI SAWITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-19


Pendidikan karakter di sekolah bertujuan untuk pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter agar menguatnya karakter peserta didik tersebut. Di sekolah buku teks sering digunakan dalam kegiatan belajar dan mengajar, meskipun buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Buku teks pelajaran sejarah yang ditemukan hanya berisikan muatan fakta seperti, angka tahun, nama pelaku, tempat kejadian, dan jalannya peristiwa yang digambarkan secara dasar. Buku teks sejarah juga dapat memberikan penguatan nilai-nilai karakter untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku teks sejarah SMA Kelas XI; (2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku teks sejarah SMA Kelas XI.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan validitas semantik dan reliabilitas stabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai karakter yang terdapat dalam buku teks sejarah SMA Kelas XI yang terdiri dari 3 penerbit seluruhnya mencakup semua 18 nilai karakter yang dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nilai-nilai karakter yang diterapkan di sekolah adalah nilai-nilai inti yang terdapat dalam pembelajaran sejarah. Nilai tersebut adalah; semangat kebangsaan, cinta tanah air, tanggung jawab, dan disiplin. Implementasi nilai-nilai karakter tersebut diterapkan dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, diskusi, dan menonton film, penugasan, dan menggunakan media pembelajaran seperti Zoom, Google Classroom, dan Group WhatsApp. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 18 nilai  karakter yang dirumuskan oleh Kemendikbud terdapat dalam buku teks sejarah SMA Kelas XI, dan diimplementasikan dengan baik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI