DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Struktur Dramatik Kumpulan Naskah Drama "Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depan" Karya Mia Ismed
PENGARANG:ABDUL KARIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-19


Karim, Abdul. 2021. Struktur Dramatik Kumpulan Naskah Drama “Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depan”Karya Mia Ismed. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

Kata Kunci: struktur, struktur drmatik, naskah drama.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk struktur dramatik dalam buku kumpulan naskah drama Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depan Karya Mia Ismed. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh materi pembelajaran kelas XI semester II tentang teks drama sesuai Kompetensi Dasar RPP 3.19 berikut: menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca dan ditonton.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah buku kumpulan naskah. Data penelitian ini ialah eksposisi, konflik, komplikasi, krisis, resolusi, dan keputusan yang ada dalam kumpulan naskah drama Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depa Karya Mia Ismed yang diterbitkan pada tahun 2020 oleh Gambang Buku Budaya.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Naskah yang memiliki enam struktur dramatik ialah : “Kartini di Perbatasan”, “Roh”, dan “Debu”. Sementara itu, lima naskah lainnya tidak memiliki enam struktur dramatik yang lengkap. Lima naskah itu antara lain: “Delusi”, “Gila”, “Tanah Tembuni”, “Dingklik Simbok”, dan “Bapak Pulanglah”. Selain itu, naskah tersebut dibuat berdasarkan isu tentang kehidupan sosial yang dekat dengan kehidupan pengarang. Hasil penelitian ini  dapat digunakan guru untuk menambah variasi bahan ajar dengan naskah drama yang ditulis oleh penulis lokal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI