DIGITAL LIBRARY



JUDUL:META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
PENGARANG:ZAIDA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-20


Kajian mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai tipe yang digunakan dan variasi hasil penelitian. Peneliti sekarangpun lebih condong mengandalkan rangkuman penelitian yang tersedia, salah satunya hasil dari meta analisis. Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan karakteristik studi berupa tingkatan kelas, materi yang diajarkan dan tipe pembelajaran kooperatif. Data diperoleh dari penelitian mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP ULM terdahulu dalam rentang tahun 2014-2020 melalui proses seleksi ketat yang telah memenuhi kriteria tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic review dengan teknik meta analisis menggunakan hasil perhitungan effect size. Dengan bantuan software Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0, effect size dari 8 studi primer dianalisis dengan rumus Hedges’ g. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif berpengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan effect size tergolong pada kategori besar; (2) Besar pengaruh penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif berdasarkan tingkatan kelas mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VII, VIII, IX, dan X dengan kategori effect size besar dan paling efektif diterapkan di kelas IX; (3) Berdasarkan materi yang diajarkan, pengaruhnya berada pada kategori efek besar dengan materi yang paling berpengaruh adalah peluang; dan (4) Berdasarkan tipe model pembelajaran kooperatif yang digunakan (Cooperative Script, CORE, Group Investigation, NHT, RTE, dan TPS), effect size-nya tergolong pada kategori besar dan paling berpengaruh pada tipe Group Investigation. Hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi bagi praktisi pendidikan matematika di lapangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI