DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Komunikasi Politik PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) dalam menarik kaum Milenial dikota Banjarmasin
PENGARANG:JOSES DAUD NOVAROS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-20


ABSTRAK

 

Joses Daud Novaros, (1710414610017). 2022. Strategi Komunikasi Politik PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) dalam menarik kaum Milenial dikota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Bapak Bachruddin Ali Akhmad dan Bapak Sarwani

Strategi adalah perencanaan, untuk membahas perencanaan komunikasi atau strategi komunikasi maka didapat dua konsep utamanya yaitu strategi dan komunikasi. Perencanaan atau strategi lebih banyak didekati oleh konsep manajemen. Dalam menjalankan strategi di perlukan sebuah Komunikasi politik yang merupakan komunikasi yang bercirikan politik yang terjadi di dalam sebuah sistem politik. Salah satu partai yang menerapkan strategi komunikasi politik ialah PSI. Partai Solidaritas Indonesia merupakan partai politik baru di Indonesia yang. Partai Solidaritas Indonesia memiliki prinsip tentang solidaritas, pluralitas beragama, suku, dan bangsa.

Tujuan penelitian ini ialah, mengetahui strategi komunikasi politik yang dijalankan oleh PSI kota Banjarmasin dalam menarik perhatian kaum milenial untuk lebih mengenal Partai Solidaritas Indonesia khusus nya di kota Banjarmasin.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe diskriptif. Pengumpulan data menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat 6 Infoman dalam penelitian ini yaitu, Ketua DPD PSI Banjarmasin, wakil ketua DPD PSI Banjarmasin, Sekretaris DPD PSI Banjarmasin, Ketua Devisi Litbang, Pengamat Politik, Mahasiswa yang sudah memnuhi kriteria dibutuhkan sesuai dengan judul penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi Lasswell.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Politik yang digunakan oleh PSI ada 2 cara yaitu strategi komunikasi politik melalui media sosial seperti menggunakan bahasa yang santai dan gaul, menggunakan hashtag dalam media sosial, menggunakan sapaan Bro dan Sis, membuat konten yang unik dan menarik. Kemudian menggunakan stretegi komunikasi politik secara tatap muka yaitu melakukan Diskusi, Rapat Partai, Aksi sosial, Kolaborasi dengan instansi lain.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Politik, Partai Solidaritas Indonesia, Kaum Milenial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI