DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN KEWASPADAAN STANDAR PENCEGAHAN INFEKSI (Studi di Ruang Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru)
PENGARANG:ZAINUR RIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-22


 

                              ABSTRAK

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN KEWASPADAAN STANDAR PENCEGAHAN INFEKSI

(Studi di Ruang Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru)

 

Ridho Zainur

 

Latar Belakang: Kewaspadaan standar merupakan suatu pemecahan masalah dalam pencegahan dan pengendalian infeksi yang dimana suatu penerapan kewaspadaan standar sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pengetahuan. Pengetahuan seseorang sendiri merupakan hasil pengindraan yang didapatkan oleh seseorang melalui apa yang sudah dilewati.

Tujuan: mengetahui hubungan pengetahuan dengan penerapan kewaspadaan standar pencegahan infeksi di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional, menggunakan Teknik stratified random sampling yang dilakukan pada 82 perawat pelaksana di ruang rawat inap, dengan menggunakan kuesioner pengetahuan dan penerapan.

Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan penerapan kewaspadaan standar pencegahan infeksi (p-value=0,007).

Pembahasan: Pengetahuan memiliki hubungan dengan penerapan kewaspadaan standar, yang dimana ketika semakin baik seseorang maka semakin baik juga penerapan kewaspadaan standar dalam pencegahan dan pengendalian infeksi.

 

Kata kunci: kewaspadaan standar, pengetahuan, penerapan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI