DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Karakteristik Individu Anggota Dengan Pandangan Anggota Terhadap Dinamika Kelompok Pada Kelompok Tani di Desa Karang Jawa Muka Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan
PENGARANG:MUHAMMAD NANDA NUGRAHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-23


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik individu anggota kelompok tani, mengetahui pandangan anggota terhadap dinamika kelompok tani, serta mengetahui hubungan karakteristik individu anggota kelompok tani dengan pandangan  anggota terhadap dinamika kelompok pada kelompok tani. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karang Jawa Muka Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini menggunakan teknik survei. Kelompok tani yang ada di Desa Karang Jawa Muka berjumlah 4 kelompok tani sehingga populasi anggota kelompok tani berjumlah 137 orang, dimana: Kelompok Tani Swarga berjumlah 16 anggota, Setia Budi berjumlah 35 anggota, Mupakat berjumlah 38 anggota dan KWT Bina Bersama berjumlah 50 anggota. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin.  Dengan nilai presisi yang ditentukan (0,0225) dengan tingkat kepercayaan 85%, sehingga diperoleh jumlah sampel dari jumlah populasi sebesar 34 orang. Untuk menentukan jumlah sampel perkelompok tani digunakan metode acak berimbang (Proportionate Random Sampling). Sehingga diperoleh sampel masing-masing kelompok tani antara lain Swarga 4 sampel, Setia Budi 9 sampel, Mupakat 9 sampel dan  KWT Bina Bersama 12 sampel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik rata-rata responden adalah: berumur 47 tahun, tingkat pendidikan fomal SMP/Sederajat. Luas lahan 0,4 ha. Pengalaman usahatani adalah 14 tahun. Tingkat motivasi usahatani tinggi dengan skor rata-rata 12. Modal usahatani sebesar Rp2.002.941,00. Pandangan anggota terhadap dinamika kelompok tani berada pada kategori dinamis dalam keseluruhan unsurnyaKarakteristik individu anggota berhubungan tidak signifikan dengan pandangan anggota terhadap dinamika kelompok Tani. Hal ini menunjukan bahwa tinggi rendahnya unsur-unsur karakteristik individu anggota kelompok tidak memiliki hubungan dengan unsur-unsur  pandangan anggota terhadap dinamika kelompok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI