DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA PA'AU DALAM PENGELOLAAN WISATA BATU BALIAN DI DESA PA'AU KECAMATAN ARANIO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:HARIS WAHYUDIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-24


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebijakan Pemerintah Desa Pa’au dalam Pengelolaan Wisata Batu Balian di Desa Pa’au dan mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Kebijakan Pemerintah Desa Pa’au dalam Pengelolaan Wisata Batu Balian di Desa Pa’au Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hal ini untuk menggambarkan keadaan secara luas, melihat berbagai kondisi yang terjadi, berbagai situasi, atau fenomena yang terjadi di lapangan dan berupaya menarik realitas (kenyataan) ke permukaan sebagai suatu ciri serta karakter serta keadaan yang ada di tempat penelitian.

Hasil penelitian yaitu Kebijakan Pemerintah Desa Pa’au dalam Pengelolaan Wisata Batu Balian Di Desa Pa’au Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar tentunya saat ini memiliki pengaruh signifikan dalam rangka pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Desa Pa’au diantaranya adanya jaminan hukum yang sah melalui Peraturan Desa yang mengatur pengelolaan wisata batu balian dan mengatur terkait usaha-usaha yang dilakukan oleh masyarakat Desa Pa’au. Kebijakan terkait Wisata Batu Balian ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : (1) Tekanan dari luar, , (2) Kebiasaan lama masyarakat , (3) Adanya pengaruh sifat pribadi, (4) Pengaruh Kelompok luar, dan (5) Adanya pengaruh keadaan masa lalu.

Diharapkan perlunya kajian menyeluruh dalam perumusan Peraturan Desa terkait pengelolaan wisata dilihat dari berbagai aspek kepentingan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat serta hendaknya perlu perhatian menyeluruh dari multistakeholder.

Kata Kunci : Kebijakan, Pengelolaan, Wisata Batu Balian

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI