DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Untuk Berhenti Merokok Pada Remaja Di SMAN
PENGARANG:DINA HANIFA-1063
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-25


Latar Belakang: Indonesia sebagai negara dengan angka perokok remaja teritinggi didunia. Terdapat berbagai bahaya yang ditimbulkan akibat rokok, baik bahaya bagi diri sendiri maupun orang disekitarnya. Sehingga untuk menghentikan kebiasaan merokok diperlukan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan yang dapat memunculkan motivasi untuk berhenti merokok. Seiring perkembangan zaman media elektronik memungkinkan sebagai media dalam memberikan motivasi, seperti video.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap peningkatan motivasi untuk berhenti merokok pada remaja di SMAN “X” Banjarbaru

Metode: Penelitian pre experiment dengan rancangan one group pretest-postest. Populasi adalah remaja perokok menurut WHO di SMAN “X” Banjarbaru sebanyak 34 orang menggunakan total sampling. Responden diberikan intervensi dengan media audio visual dan diukur motivasi berhenti merokok menggunakan kuesioner. Data analisis dengan uji Wilcoxon.

Hasil: Terdapatpengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media audio visual terhadap motivasi berhenti merokok pada remaja di SMAN “X” Banjarbaru (p value = 0,014, α=0,05).

Diskusi: Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman pesan pembelajaran secara lebih bermakna sehingga informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI