DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HABITUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KELURAHAN BANUA ANYAR
PENGARANG:USWATUN ISNAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-26


ABSTRAK

Uswatun Isnaini. 2021. Habituasi Pendidikan Karakter Di Panti Asuhan Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Pendidikan karakter berperan penting dalam membentuk generasi yang berkualitas. Satu upaya yang dapat dilakukan untuk pembentukan nilai karakter pada anak di generasi mendatang melalui kegiatan sehari-hari di Panti Asuhan yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan anak-anak terlantar yang memerlukan kasih sayang keluarga pada anak, di Panti tersebut diteliti  dalam kegiatan sehari-hari yang termuat 18 pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan Profil di Panti Asuhan Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar 2) Mendeskripsikan Habituasi Pendidikan Karakter pada anak di Panti Asuhan Aisyiah Kelurahan Banua anyar 3) Mendeskripsikan Kendala Habituasi Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Aisyiah Kelurahan Banua Anyar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian untuk menggambarkan habituasi pendidikan karakter pada anak di Panti Asuhan Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar.Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas di Panti Asuhan, wawancara dengan pengurus,  pengasuh, serta anak asuh, dan dokumentasi kegiatan dengan rekaman dan gambar menggunakan handphone. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata yang dilengkapi tabel dan gambar, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Panti Asuhan Aisyiyah merupakan kelembagaan non formal yang memiliki wadah untuk anak-anak yang tidak memiliki orangtua sehingga penting untuk mengetahui bagaimana Habituasi PendidikanKarakter bagi anak di Panti Asuhan Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar. Visi Panti Asuhan Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar. Muslimah yang Beriman, Bertaqwa, Terampil, Cerdas, Mandiri, dan Berguna bagi Bangsa, Negara, serta Agama sedangkan Misi Panti Asuhan Aisyiyah yaitu mendidik dan mengasuh anak yatim piatu, yatim, piatu, dan terlantar. 2) Nilai karakter yang ditanamkan terhadap anak asuh yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab. Nilai karakter tersebut ditanamkan terhadap anak asuh melalui perencanaan, pelaksanaan, materi pengasuhan, dan evaluasi pengasuhan. 3) Kendala dalam pengasuhan nilai karakter pada anak yang belum memperhatikan nilai karakter karena anak hidup di lingkungan yang kurang efektif. Faktor pendukungnya adalah Panti Asuhan yang berbasis pondok pesantren, lingkungan Panti Asuhan yang kekeluargaan.

Kata kunci : Habituasi, Pendidikan Karakter, Panti Asuhan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI