DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN ONLINE MELALUI SISTEM INFORMASI APLIKASI PERIZINAN (SIAP) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Norliana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-27


NORLIANA, 1810411220008, 2022 “Efektivitas Pelayanan Perizinan Online Melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin”. Di Bawah Bimbingan Tomi Oktavianor.

Perkembangan zaman telah mendorong pelayanan publik untuk memanfaatkan TIK disebut dengan E-Government. Salah satunya adalah DPMPTSP Kota Banjarmasin yaitu dengan meluncurkan Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP). SIAP adalah media online DPMPTSP Kota Banjarmasin untuk melakukan pendaftaran izin secara online maupun memberikan informasi kepada masyarakat guna mempermudah masyarakat dalam melakukan pendaftaran izin sehingga tidak perlu datang langsung ke Kantor DPMPTSP Kota Banjarmasin serta dapat memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Namun faktanya masih terdapat beberapa keluhan masyarakat mengenai pelayanan perizinan online melalui SIAP.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Perizinan Online Melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) di Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin dan untuk mengetahui kendala dalam Pelayanan Perizinan Online Melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) di Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis tematik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perizinan online melalui SIAP di DPMPTSP Kota Banjarmasin belum efektif. Hal ini dilihat dari teori efektivitas menurut Gou & Lu (2005) dengan tiga faktor utama yaitu kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas tampilan web. Karena persepsi mereka adalah Pelayanan Perizinan Online melalui SIAP sulit untuk digunakan, proses pelayanan masih lambat, tampilan SIAP sulit untuk dipahami dan SIAP sulit untuk diakses bagi pengguna pelayanan. Adapun Kendala dalam Pelayanan Perizinan Online melalui SIAP di DPMPTSP Kota Banjarmasin adalah kurangnya pemahaman pengguna mengenai teknologi informasi dan kurangnya sumber daya manusia DPMPTSP Kota Banjarmasin yang memadai.

Saran diajukan kepada pihak DPMPTSP Kota Banjarmasin agar meningkatkan sosialisasi yang mudah dipahami oleh pemohon mengenai penggunaan dan tampilan pada SIAP sehingga pemohon lebih mudah untuk memahami dan menggunakan SIAP. Menempatkan pegawai khusus mengelola SIAP dan perlu mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada.

Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan Online, Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP), Pelayanan Perizinan Online, E-Government

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI