DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA MENGENTASKAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DESA GAMPA RAYA KECAMATAN SUNGAI TABUKAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)
PENGARANG:Mufidah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-27


Mufidah, 1810411620008 : Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan (Studi KasusDesa Gampa Raya Kecamatan SungaiTabukanKabupaten  Hulu Sungai Utara)”

           Kemiskinan merupakan masalah serius yang dialami oleh hampir semua negara berkembang, terutama di negara padat penduduk seperti indonesia. Kemiskinan harus di atasi bersama oleh pemerintah maupun masyarakat salah satunya masalah kemiskinan diDesa Gampa Raya Kecamatan SungaiTabukanKabupaten  Hulu Sungai Utara.Masalah ekonomi masih menjadi salah satu persoalan penting dalam proses pendidikan formal di desa ini. Hal ini terlihat dari adanya kesenjangan partisipasi sekolah pada jenjang pendidikan menengah ke atas. Dengan adanya PKH ini diharapkan mendorong perubahan perekonomian,  perilaku penerima PKH menjadi bersekolah dan mengakses fasilitas kesehatan.           

           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Gampa Raya Kecamatan SungaiTabukanKabupaten  Hulu Sungai Utara dan untuk mengetahui apa kendala dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Gampa Raya Kecamatan SungaiTabukanKabupaten  Hulu Sungai Utara.

           Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa dengan buku-buku, artikel dan internet. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Gampa Raya Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara yang di ukur menggunakan 5 variabel indikator efektivitas program pada komponen kesehatan sudah terjalankan dengan baik tapi tidak efektif untuk mengentaskan kemsikinan di Desa Gampa Raya, sedangkan pada komponen peniddikan Program Keluarga Harapan juga sudah berjalan dengan baik tetapi tidak dapat sepenuhnya mengentaskan kemiskinan. Adapun kendala dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Gampa Raya Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai  Utara yaitu kurangnya kesadaran serta pola fikir dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kata Kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Mengentaskan kemiskinan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI