DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN USAHA (SKU) ( Studi Pada Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat)
PENGARANG:Devi Nur Azizah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-30


ABSTRAK

 

Devi Nur Azizah, 1810411220023. 2022. Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) (Studi Pada Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat). Dibawah Bimbingan Widyakanti.

Kelurahan Baru melayani sekitar 15 pelayanan umum, salah satu nya yaitu pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) dan SKU merupakan pelayanan yang paling banyak di ajukan pada tahun 2020 yaitu sebanyak 757 pemohon. Namun sampai saat ini Kelurahan Baru tidak memiliki SOP pada pelayanan SKU. Penduduk Kelurahan Baru yang berjumlah 21.832 merupakan jumlah penduduk paling banyak di antara kelurahan lain di Kecamatan Arut Selatan, tetapi hal ini tidak sebanding dengan jumlah pegawai di kantor Kelurahan Baru yang hanya berjumlah 11 pegawai padahal ideal nya jumlah pegawai di Kelurahan adalah 17 pegawai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pegawai serta mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung kinerja pegawai di Kelurahan Baru dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif dari Miles and Huberman yang berisikan rangkaian mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kelurahan Baru secara keseluruhan sudah cukup baik, tercermin dari sudah baik nya produktivitas pegawai, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, dan tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tugas-tugasnya. Untuk komitmen kerja pegawai Kelurahan Baru dalam melayani SKU sudah cukup baik namun belum maksimal, dan Kualitas kinerja pegawai juga masih kurang baik. Faktor penghambat kinerja pegawai yaitu kurangnya sarana dan prasarana, serta kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM). Sedangkan faktor pendukung kinerja pegawai dalam melayani pembuatan SKU adalah kemampuan pegawai dalam menguasai komputer dengan baik.

Saran peneliti kepada Kelurahan Baru terkait pelayanan pembuatan SKU adalah untuk melengkapi sarana dan prasarana, menambah jumlah pegawai, serta mengajukan perbaikan gedung kelurahan baru kepada pemerintah daerah setempat.

Kata Kunci : Kinerja pegawai, pelayanan publik, Surat Keterangan Usaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI