DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, MORALITAS, DAN TEKANAN FINANSIAL TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI PADA SKPD PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:SITI SABRINA RAMADHANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-30


Siti Sabrina Ramadhanti (2022). Pengaruh Pengendalian Internal, Moralitas, dan Tekanan Finansial terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Pada SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin). Pembimbing: Dr. Novita Weningtyas Respati, SE, M.Si, Ak,CA.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi; (2)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh moralitas terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi(3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tekanan finansial terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 107 orang pegawai SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin yang memiliki tugas pokok dan fungsi dibidang keuangan.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian internal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa pengendalian internal yang baik dapat menekan adanya tindakan kecurangan di suatu organisasi. Temuan lain menunjukkan bahwa moralitas tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Hal ini mengindikasikan bahwa seseorang dengan tingkat moralitas yang tinggi tidak menurunkan niat seseorang untuk melakukan kecurangan. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan finansial berpengaruh positif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya tekanan finansial yang dialami seseorang dapat meningkatkan kecenderungan seseorang dalam melakukan tindakankecurangan di suatu organisasi.

 

Kata kunci: Pengendalian Internal, Moralitas, Tekanan Finansial, Kecenderungan Kecurangan Akuntansi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI