DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA PROGRAM AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT)
PENGARANG:PUTRI YASHINTA APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-31


Putri Yashinta Aprilia (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat). Pembimbing: Dra. Hj. Isnawati, MM, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris mengenai pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional sebagai variabel independen dan pemahaman akuntansi sebagai variabel dependen.

Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi fakultass ekonomi dan bisnis universitas lambung mangkurat angkatan 2018, 2019 dan 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 232 mahasiswa setelah dilakukan pemilihan sampel dengan menggunakan rummus slovin pengambilan sampel responden minimalnya. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS 26 version.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan positif terhadap pemahaman akuntansi serta kecerdasan emosional berpengaruh signifikan positif terhadap pemahaman akuntansi. Oleh karena itu, pentingnya memahami pengetahuan akuntansi dengan adanya kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang dibentuk seseorang agar nantinya menjadi akuntan yang berkualitas.

Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Pemahaman akuntansi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI