DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PESAN FEMINISME DALAM FILM BIRDS OF PREY (Analisis Isi Kualitatif Perspektif Feminisme Radikal pada Film Birds of Prey karya Cathy Yan)
PENGARANG:MUHAMMAD FAHRIZAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-02


Muhammad Fahrizal, 1710414210017, Pesan Feminisme dalam Film Birds of Prey(Analisis Isi Kualitatif Perspektif Feminisme Radikal pada Film Birds of Prey karya Cathy Yan). Dibimbing oleh Siswanto Rawali dan Lalita Hanief.

Terdapat makna yang terkandung dalam bentuk komunikasi verbal serta nonverbal yang ada dalam sebuah film yang menarik untuk ditelaah, melihat kekuatan film yang mampu mengkonstruksi sebuah realitas sosial. Penelitian ini menganalisa film berjudul Birds of Prey karya Cathy Yan yang bergenre aksi dan superhero. Film ini berbeda dengan film sejenisnya karena memiliki wanita sebagai sosok pahlawannya. Konsep yang erat dengan film ini ialah feminisme, oleh karenanya tujuan penelitian ini ialah untuk menemukan pesan feminisme yang tersembunyi dalam bentuk verbal serta nonverbal dalam film Birds of Prey.

Adapun metode yang digunakan ialah metode analisis isi kualitatif dengan tipe penelitian interpretatif. Sumber data diperoleh dari data primer melalui observasi film dan data sekunder melalui jurnal, buku, dan kajian ilmiah lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan 12 scene yang mengandung pesan feminisme radikal. 7 jumlah scene menyampaikan pesan perlawanan terhadap patriarki di mana dalam sekumpulan scene ini menempatkan pria sebagai sosok alpha, sosok yang menyalahgunakan kedudukannya, dan merasa superior sehingga oleh karenanya wanita di sini mengalami penindasan. 5 jumlah scene menyampaikan pesan ketidaksetaraan gender yang menyampaikan bentuk-bentuk perendahan gender wanita, subordinasi, dan kekerasan gender terhadap wanita yang dicoba untuk dilawan para karakter wanita dalam film ini.

Kata Kunci: Analisis Isi Kualitatif, Feminisme Radikal, Film, Pesan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI