DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesantunan Berbahasa Dosen dan Mahasiswa pada Perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2016 dan 2018
PENGARANG:Friska Martika Santi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-02


Santi, Friska Martika. 2021. Kesantunan Berbahasa Dosen dan Mahasiswa pada Perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2016 dan 2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.; (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd.

 

Kata kunci: kesantunan berbahasa, wujud kesantunan negatif, wujud kesantunan positif, keterampilan berbicara

 

Bahasa yang mengandung kesantunan sangat diperlukan agar muncul rasa saling menghormati terhadap mitra tutur. Jenis kesantunan  berbahasa perlu diteliti agar tuturan yang santun tetap terjaga untuk menghasilkan komunikasi yang baik antara dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian meliputi (1) bagaimanakah wujud kesantunan negatif dosen, (2) bagaimanakah wujud kesantunan negatif mahasiswa, (3) bagaimanakah wujud kesantunan positif dosen, dan (4) bagaimanakah wujud kesantunan positif mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan negatif dan wujud kesantunan positif yang sering terjadi dalam tindak tutur kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian  diperoleh dari sumber data yang berupa tuturan langsung dalam wujud kesantunan negatif dan wujud kesantunan positif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa (1) deskripsi wujud kesantunan negatif dosen, (2) deskripsi wujud kesantunan negatif mahasiswa, (3) deskripsi wujud kesantunan positif dosen, dan (4) deskripsi wujud kesantunan positif mahasiswa.

Saran bagi mahasiswa sebagai peneliti selanjutnya, agar dapat memahami hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah penelitian. Selain itu,  peneliti berharap dalam penelitian berikutnya dapat ditambahkan instrumen tambahan berupa rekaman video yang menampilkan mimik penutur dan mitra tutur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI