DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERISTIWA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017 (STUDI KASUS PADA SAHAM LQ45)
PENGARANG:LENI TRI KUSUMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-03


ABSTRAKSI

 

Leni Tri Kusuma (2021). Reaksi Pasar Modal Indonesia terhadap Peristiwa Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 (Studi Kasus pada SahamLQ45). Pembimbing: Redawati, SE, M. Fin.
 

Peristiwa politik di Indonesia sudah tidak dapat dipisahkan dari reaksi yang terjadi dalam pasar modal. Peristiwa politik berkaitan erat dengan stabilitas dan kinerja perekonomian suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisada tidaknya perbedaan abnormal return, trading volume activity, dan security return variability saham Indeks LQ45 terhadap peristiwa pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017.

Penelitian ini mengemukakan sampel perusahaan yang tergolong dalam indeks saham LQ45, sehingga jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 45 perusahaan, dengan mengambil data 10 tahun, yaitu 5 tahun sebelum pemilihan dan 5 tahun setelah pemilihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji koparatif, yaitu melakukan uji beda menggunakan analisis Mann-Whitney Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan abnormal return, trading volume activity, dan security return variability sebelum dan sesudah pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Kata Kunci: abnormal return, trading volume activity, security return variability, pemilihan gubernur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI