DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KETERLAMBATAN PELAKSANAAN TERHADAP RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DAN MANAJEMEN LAPANGAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN TRANSMART DAN STARMALL DI JALAN AHMAD YANI KM.8.1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:A'LAA FAHLIANA AMALIA
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-13


Keterlambatan dapat didefinisikan sebagai kondisi dimana memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan berdasarkan kontrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keterlambatan, apakah keterlambatan dapat mempengaruhi penambahan biaya, dan seberapa besar pengaruh dari keterlambatan tersebut terhadap perubahan rencana anggaran biaya. Setelah mengetahui faktor dominan penyebab keterlambatan dan hubungan terhadap perubahan rencana anggaran biaya, kemudian dilakukan strategi untuk mengatasi keterlambatan proyek tersebut.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai dari mengidentifikasi permasalahan keterlambatan proyek dengan tahapan memvalidasi variabel oleh pakar dengan wawancara langsung dilapangan serta dengan menyebarkan kuisioner, kemudian setelah melalui fase validasi, dilanjutkan pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kepada 20 responden yang berperan penting dalam proyek Transmart dan Stars Mall. Selanjutnya, memvalidasi data dengan uji validitas menggunakan Corrected Item Total Correlation dan reliabilitas menggunakan Metode Cronbach’s Alpha diuji dengan SPSS (Statistical Product and Service Solutions), mengetahui sebaran data terdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji normalitas, analisa data untuk mencari gambaran mengenai karakteristik suatu sampel dengan menggunakan analisa deskriptif, dan analisa korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y.
Dari hasil pembahasan bahwa keterlambatan berpengaruh terhadap perubahan rencana anggaran biaya, terjadi perubahan rencana anggaran biaya sebesar 3% hingga 4% dari rencana anggaran biaya rencana.
Kata kunci: Pengaruh Keterlambatan, Strategi, SPSS, Rencana Anggaran Biaya
F

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI