DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Alokasi Anggaran Kegiatan Pembangunan Bidang Drainase Pada Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin
PENGARANG:Maulidina Nur Erdira
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-06


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1)kriteria yang menenentukan alokasi anggaran kegiatan pembangunan bidang drainase pada Dinas PUPR Kota Banjarmasin (2)Alternatif kegiatan pembangunan bidang drainase pada Dinas PUPR Kota Banjarmasin (3)Preferensi pengalokasian anggaran kegiatan pembangunan bidang drainase pada Dinas PUPR Kota Banjarmasin.

Responden dalam penelitian ada 8 orang yang dianggap berpengaruh dalam menentukan alokasi anggaran kegiatan pembangunan bidang drainase pada Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin menggunakan metode AHP.

Hasil penelitian menunjukkan kriteria alternatif SDM, Manfaat, dan Dana dapat menentukan alokasi anggaran kegiatan pembangunan bidang drainase dengan urutan preferensi tertinggi yaitu Dana (54%), Manfaat (29%), dan SDM (0,17%). Berdasarkan kriteria tersebut, preferensi pengalokasian anggaran kegiatan pembangunan bidang drainase yakni Operasi Pemeliharaan Sistem Drainase (39%), Pembangunan Sistem Drainase Lingkungan (24%), Rehabilitasi Saluran Drainase Perkotaan (20%), dan Peningkatan Saluran Drainase Lingkungan (18%). Dengan kesimpulan yang paling dominan adalah Operasi dan Pemeliharaan Sistem Drainase (39%).

Kata Kunci: Alokasi Anggaran, Drainase, AHP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI