DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kompisisi Hasil Tangkapan Dan Pola Pertumbuhan Tangkapan Utama Rempa (Gill Net) Kakap Di Desa Setarap Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:Fitria Juliyan Nada
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-07


ABSTRAK

Fitria Juliyan Nada (1810713220007), Program Studi Perikanan Tangkap. Komposisi Hasil Tangkapan Dan Pola Pertumbuhan Tangkapan Utama Rempa (Gill Net) Kakap Di Desa Setarap Kabupaten Tanah Bumbu. Di bawah bimbingan Ir. Iriansyah, M.Si., sebagai Ketua Pembimbing dan Aulia Azhar Wahab, S.Pi. M.Si., sebagai Anggota Pembimbing. 

Rempa (gill net) kakap yang ada dilokasi penelitian memiliki bentuk persegi panjang yang terdiri dari badan jaring, tali ris atas dan tali pelampung, tali ris bawah dan tali pemberat, pelampung, pemberat, dan pemberat tambahan. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari – Maret 2022. Pengumpulan Data diperoleh dengan purposive sampling. Teknik pengoperasiannya ada tiga tahap yaitu penurunan (setting), perendaman (imersing), dan pengangkatan (hauling). Komposisi dan proporsi hasil tangkapan rempa (gill net) kakap yaitu ikan kakap putih (Lates calcarifer) sebanyak 90,99%, ikan otek (Arius thalassinus) sebanyak 2,07%, ikan nila (Oreochoromis niloticus) sebanyak 3,25%, dan ikan bandeng (Chanos chanos) sebanyak 3,67%. Pola pertumbuhan hubungan panjang berat ikan kakap putih (Lates calcarifer) yang tertangkap dengan gill net adalah memiliki nilai Koefisien Regresi yang diperoleh dari persamaan regresi bernilai 2,3979 dan setelah diuji dengan uji t diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel dengan H1 diterima, maka pola pertumbuhannya bersifat alometrik negatif.

 

Kata Kunci : Rempa (Gill Net) Kakap, Komposisi, Proporsi, Pola Pertumbuhan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI