DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS KOTORAN PADAT KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE) YANG DIBERI PAKAN DENGAN TAMBAHAN SUPLEMENTASI TEPUNG DAUN KELOR
PENGARANG:ABDUL HAFIZ SAYUTI-678
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-07


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kotoran padat ternak kambing jantan Peranakan Etawah (PE) yang di suplementasi tepung daun kelor. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan di Kandang Kambing PE miliki Bapak Pamuji di Jalan Abadi Kelurahan Guntung Manggis Banjarbaru serta di laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian ULM Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan metode uji proksimat dengan delapan ekor pejantan kambing PE yang di bagi atas dua kelompok secara acak. kelompok pertama sebanyak 4 ekor di beri pakan utama rumput lapangan secara ad libitum ditambah pakan konsentrat sebanyak ( 0,5% - 1,5% 1% BB) sebagai kelompok control (P0). Kelompok kedua sebanyak 4 ekor diberi pakan utama rumput lapangan secara ad libitum ditambah pakan konsentrat sebanyak (0,5% - 1,5% 1% BB) kemudian di tambah tepung daun kelor sebanyak 15% dari bobot konsentrat sebagai kelompok perlakuan (P1). Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk rata-rata dan standar deviasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan independent sample T-test dibantu dengan program SPSS versi 21, (IBM, USA).

Hasil dari Penelitian ini yaitu (1) Rata- rata Kadar Protein Kasar P0 = 14,03 %, P1= 14,84 g/ekor; (2) Kadar Kalsium (Ca) P0= 0,50%, P1= 0,90% ; (3) Kadar Phospor P0= 0,82%, P1= 1,36%; (4) Kadar Abu P0= 13,46%, P1= 10,15%. Berdasarkan hasil penelitan dapat di simpulkan bahwa Kadar Protein Kasar,Kadar Abu menunjukan hasil tidak berpengaruh nyata (P>0,05), sedangkan yang menunjukan hasil berpengaruh nyata yaitu kandungan Phospor (P) dan Kandungan Kalsium (Ca) (P<0,05).

 

Kata Kunci: Kotoran padat, Kambing pejantan Pernakan Etawah (PE), Tepung Daun Kelor

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI