DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN
PENGARANG:Hilya Azizah Sayuti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-08


Hilya Azizah Sayuti, (1810111320010). 2022. Penggunaan Google Classroom

dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi. 

(Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing 

II: Melisa Prawitasari, M.Pd).

Latar belakang penelitian ini adalah adanya wabah virus Covid-19 di 

Indonesia yang menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, 

sehingga dalam dunia pendidikan semua guru harus mampu membuat media 

pembelajaran yang dapat dioperasikan secara efektif oleh peserta didik dari 

rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Google 

Classroom dalam pembelajaran sejarah dan mengevaluasi penggunaan Google 

Classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 7 

Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode 

deskriptif. Penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. 

Subjek penelitian ini adalah guru sejarah kelas XII IPS 1 dan peserta didik kelas 

XII IPS 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, 

dokumentasi, dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan 

triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut 

Miles dan Huberman yakni data dianalisis secara terus menerus sampai hasilnya 

jenuh dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan 

validasi data. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Google 

Classroom dalam pembelajaran sejarah diawali dengan tahap perencanaan dalam 

bentuk RPP. Tahap pelaksanaan pembelajaran sejarah secara keseluruhan tahap 

telah menggunakan Google Classroom. Tahap evaluasi pembelajaran berupa 

penilaian kognitif dalam bentuk soal-soal evaluasi, penilaian afektif dalam bentuk 

keaktifan dalam berdiskusi, dan penilaian psikomotor dalam bentuk keterampilan 

mengerjakan tugas. (2) Evaluasi dari penggunaan Google Classroom dalam 

pembelajaran sejarah dapat dilihat dari kelebihan aplikasi yakni mudah digunakan 

bagi pemula (mobile friendly), memiliki fitur yang memudahkan mengelola tugas, 

semua file yang dilampirkan akan langsung tersimpan di Google Drive, memiliki 

fitur yang memudahkan guru memeriksa tugas, gratis, dan terstruktur. 

Kekurangan dari aplikasi yakni tampilannya kurang menarik, lambatnya notifikasi 

atau pemberitahuan, dan file tidak terunggah jika Google Drive penuh.

Simpulan dari penelitian ini yakni penggunaan aplikasi Google Classroom

mempermudah siswa dan guru di SMA Negeri 7 Banjarmasin melaksanakan 

pembelajaran sejarah secara daring di masa pandemi Covid-19 guna mencegah 

penyebaran virus tersebut. 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Google Classroom, SMAN 7 Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI