DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | Hilya Azizah Sayuti | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-06-08 |
Hilya Azizah Sayuti, (1810111320010). 2022. Penggunaan Google Classroom
dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi.
(Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing
II: Melisa Prawitasari, M.Pd).
Latar belakang penelitian ini adalah adanya wabah virus Covid-19 di
Indonesia yang menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah,
sehingga dalam dunia pendidikan semua guru harus mampu membuat media
pembelajaran yang dapat dioperasikan secara efektif oleh peserta didik dari
rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Google
Classroom dalam pembelajaran sejarah dan mengevaluasi penggunaan Google
Classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 7
Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling.
Subjek penelitian ini adalah guru sejarah kelas XII IPS 1 dan peserta didik kelas
XII IPS 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut
Miles dan Huberman yakni data dianalisis secara terus menerus sampai hasilnya
jenuh dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
validasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Google
Classroom dalam pembelajaran sejarah diawali dengan tahap perencanaan dalam
bentuk RPP. Tahap pelaksanaan pembelajaran sejarah secara keseluruhan tahap
telah menggunakan Google Classroom. Tahap evaluasi pembelajaran berupa
penilaian kognitif dalam bentuk soal-soal evaluasi, penilaian afektif dalam bentuk
keaktifan dalam berdiskusi, dan penilaian psikomotor dalam bentuk keterampilan
mengerjakan tugas. (2) Evaluasi dari penggunaan Google Classroom dalam
pembelajaran sejarah dapat dilihat dari kelebihan aplikasi yakni mudah digunakan
bagi pemula (mobile friendly), memiliki fitur yang memudahkan mengelola tugas,
semua file yang dilampirkan akan langsung tersimpan di Google Drive, memiliki
fitur yang memudahkan guru memeriksa tugas, gratis, dan terstruktur.
Kekurangan dari aplikasi yakni tampilannya kurang menarik, lambatnya notifikasi
atau pemberitahuan, dan file tidak terunggah jika Google Drive penuh.
Simpulan dari penelitian ini yakni penggunaan aplikasi Google Classroom
mempermudah siswa dan guru di SMA Negeri 7 Banjarmasin melaksanakan
pembelajaran sejarah secara daring di masa pandemi Covid-19 guna mencegah
penyebaran virus tersebut.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Google Classroom, SMAN 7 Banjarmasin
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI