DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU SEJARAH DALAM PENGUATAN KARAKTER NASIONALISME PESERTA DIDIK BERBASIS KELAS DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KAPUAS
PENGARANG:ANDY PRAMANA PUTERA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-08


ABSTRAK

 

            Andy Pramana Putera, 2022. Peran Guru Sejarah Dalam Penguatan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1).Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. Pembimbing (2). Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M. Pd.

          Penelitian ini dilakukan karena fenomena sosial yang menunjukkan menurunnya indeks angka karakter peserta didik senasional di survei Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan tahun 2021. Tahun ini indeks karakter peserta didik jenjang pendidikan menengah berada di angka 69,52, turun dua point dari angka indikatif tahun lalu (71,41). Lembaga Pendidikan mempunyai kewajiban untuk menanamkan rasa nasionalisme peserta didiknya yang merupakan Peran Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter peserta didik kelas X, mengidentifikasi peran guru sejarah dalam Penguatan karakter peserta didik kelas X, dan menganalisis proses Penguatan karakter peserta didik kelas melalui Basis Kelas di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kapuas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi.            Hasil penelitian : 1) Karakter nasionalisme peserta didik kelas X  terlihat baik pada saat proses pembelajaran Sejarah berlangsung di kelas maupun di luar kegiatan pembelajaran sejarah. 2) Peran yang dilakukan guru sejarah sudah maksimal, fokus, dokumen pembelajaran memasukkan nilai karakter nasionalisme. 3) Proses Penguatan karakter nasionalisme dalam pembelajaran sejarah melalui basis kelas sarana digunakan pengintegrasian nilai-nilai kesejarahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwaperan guru Sejarah dalam Penguatan karakter nasionalisme ditransformasikan kepada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kapuas melalui basis kelas peserta didik dapat mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa menjadikan seorang yang bertanggung jawab dalam kehidupan dirinya sebagai anggota masyarakat dan warga negara nasionalisme.

.

 

Kata Kunci: peran guru, nasionalisme, basis kelas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI