DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN EKONOMI KULINER DI MINGGU RAYA BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:LINDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-08


Linda Sari. 2022. Kegiatan Ekonomi Kuliner Di Minggu Raya Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Kegiatan ekonomi kuliner satu dari beberapa keadaan terpenuhinya kebutuhan manusia  untuk memenuhi hidup nya. Hal ini tidak terlepas dari adanya peran pedagang yang menjual makanan dan minuman ke pembeli. Pedagang yang berjualan kuliner di minggu raya Banjarbaru mempunyai kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, distribusi, dan konsumsi. Tujuan Penelitian ini 1) Untuk mengetahui gambaran umum kuliner di minggu raya Banjarbaru. 2) Untuk menganalisis kegiatan ekonomi kuliner di minggu raya banjarbaru. 3) Untuk mengetahuikegiatan ekonomi yang ada kuliner di minggu raya Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan kegiatan ekonomi kuliner di minggu raya Banjarbaru secara holistik teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan kondisi kegiatan ekonomi kuliner di minggu raya, wawancara dengan penjual dan pembeli kuliner minggu raya Banjarbaru. Analisis data yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian dan penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan taabel dan verifikasi data dalam bentuk kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan Member Check, dan triangulasi hasil penelitian kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang di lakukan kuliner di minggu raya Banjarbaru seperti jual beli. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan ekonomi yang ada kuliner di minggu raya dapat dilihat tiga kategori yaitu  Aspek sosial, aspek kuantitas, dan aspek lingkungan. Pemanfatan nilai ekonomi kegiatan ekonomi kuliner di minggu raya Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS dapat dilihat dari kompetensi dasar dan kesesuainnya dengan materi dan implemenstasi dan pembelajaran. Berdasarkan analisa data yang digunakan, diperoleh kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan ekonomi kuliner di minggu raya Banjarbaru yang meliputi Produksi, Distribusi dan Konsumsi mengandung nilai ekonomi yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPSyang dituangkan dalam pada materi kegiatan ekonomi kelas VII 

Kata kunci: Kegiatan Ekonomi, Kuliner di minggu raya Banjarbaru, Sumber Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI