DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN TAMAN PINTAR DI BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-08


Annisa. 2022.  Pemanfaatan Taman Pintar Di Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I Dr. Hery Porda Nugroho dan Pembimbing II Jumriani, M.Pd

Manusia memiliki keterkaitan dengan lingkungan hidupnya. Di kelurahan Mentaos, keterkaitan tersebut dapat dilihat dari pemanfaatan lahan oleh pemerintah dengan di bangunnya ruang terbuka hijau yaitu Taman Pintar . Pemanfaatan lahan tidak hanya berisi kegiatan masyarakat yang terikat dengan lingkungannya tetapi kegiatan masyarakat tersebut dapat mendukung terjadinya proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS melalui pemanfaatannya sebagai sebagai sumber belajar IPS. Tujuan Penelitian:1) Bagaimana kondisi obyektif taman pintar di banjarbaru; 2) Bagaimana pemanfaatan taman pintar bagi masyarakat di kota banjarbaru; 3) Bagaimana keterkaitan pemanfaatan taman pintar sebagai sumber belajar IPS.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pengelola dan pengujung taman pintar. Instrumen penelitian yaitu peneliti  sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Perpanjangan pengamatan juga dilakukan untuk mendapatkan data yang kurang lengkap.

Hasil penelitian mendeskripsikan :1)Gambaran Umum tentang Taman Pintar yaitu wahana wisata yang terdapat di kota banjarbaru,Taman Pintar ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi, memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. 2) Sejarah Adanya taman Pintar Banjarbaru. Taman pintar resmi di buka sejak 19 November 2019 yang lalu oleh Almarhumah nadjmi Adhani dan Dermawan Jaya Setiawan,3)Taman pintar bisa dijadikan sumber belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS yaitu proses terjadinya interaksi sosial dan kegiatan ekonomi. Melalui aktivitas tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami bahwa taman tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi dan bersantai tetapi juga sebagaitempat edukasi untuk mengajarkan kesadaran hidup bernilai sosial.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan, Taman, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI