DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN RAGAM JAPIN BANJAR MELALUI TEKNIK BERMAIN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SDN MELAYU 7 BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISA RUSIDA FITRIANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-30


Kata kunci : Pembelajaran, Ragam Japin Banjar, Teknik Bermain, Ekstrakurikuler


Banyaknya anak didik yang belum mengenal ragam Japin Banjar karena minimnya
pelaksanaan praktik tari di dalam kelas dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran membuat
proses pembelajaran menjadi monoton. Teknik bermain dalam kegiatan ekstrakurikuler
memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan mempermudah anak didik memahami
materi pembelajaran ragam Japin Banjar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses
dan hasil pembelajaran ragam Japin Banjar melalui teknik bermain pada kegiatan
ekstrakurikuler di SDN Melayu 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan teknik deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data terkumpul diolah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian pembelajaran ragam Japin Banjar melalui teknik bermain yaitu
permainan mozaik kertas membagi anak didik menjadi tiga kelompok yang dilaksanakan
empat kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya lima orang mampu mempraktekkan ragam
Japin Banjar dengan sangat baik dan sangat aktif dalam pembelajaran serta enam orang
mampu mengingat nama ragam Japin Banjar dengan sangat baik. Pembelajaran ragam Japin
Banjar menggunakan teknik bermain membuat anak didik lebih aktif, saling menghargai,
disiplin dan memudahkannya memahami serta mempraktekkan ragam Japin Banjar.
Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik bermain berhasil, dan memilih teknik sesuai
kebutuhan anak didik sangat diperlukan dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI