DIGITAL LIBRARY



JUDUL:JENIS DAN KOMPOSISI PAKAN BEKANTAN (Nasalis larvatus) DI HUTAN RAWA KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:EBBIE VIRGO NATA
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-07-20


Bekantan salah satu primata endemik Borneo, primata yang dilindungi di Indonesia ini terancam punah akibat konversi lahan hutan, perambahan hutan, penebangan hutan tanpa izin, dan perburuan satwa, maka di lakukan penelitian pada jenis dan komposisi pakan bekantan di hutan rawa Kecamatan Gambut dengan tujuan mengukur IARF (Individual activity records of feeding), menginventarisasi sumber pakan bekantan dan bagian tumbuhan apa saja yang dimakan bekantan, di wilayah hutan rawa Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan di hutan rawa Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dengan menggunakan metode survey lapangan dan Pengambilan sampel dilakukan secara metode purposive sampling. Titik pertama di lokasi pengamatan didasarkan pada di temukannya keberadaan bekantan. Titik kedua dilokasi pengambilan sampel di tentukan secara purposive sampling kepada bekantan yang sedang makan.
Hasil penelitian pakan bekantan di hutan rawa gambut ada 4 jenis tumbuhan, bekantan memakan pucuk daun galam mencapai 40%,pucuk daun akasian 29% dan buah 20%, bunga 11% pada tumbuhan karamunting. Bekantan tidak menetap dilokasi tersebut, bekantan berpindah dari lokasi ke lokasi lain untuk mencari sumber pakan yang ketersediannya masih banyak untuk mencukupi kebutuhan kelompoknya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI