DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES AKADEMIK DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI SMP DARUL HIJRAH PUTRI MARTAPURA
PENGARANG:Wuri Wulandari
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-07-20


Latar belakang: Remaja putri akan mengalami perubahan fisik yaitu menstruasi. Masalah menstruasi yang sering dialami adalah dismenore yang salah satunya dipengaruhi oleh stres akademik.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat stres akademik dengan kejadian dismenore primer pada remaja putri di SMP Darul Hijrah Putri Martapura.
Metode: Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 80 remaja putri yang sudah mengalami menstruasi dan diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kejadian dismenore primer dan kuesioner Educational Stress Scale Adolescent (ESSA) untuk menilai tingkat stres akademik.
Hasil: Analisis data menggunakan Chi-square, tidak ada hubungan antara tingkat stres akademik dengan kejadian dismenore primer pada remaja putri di SMP Darul Hijrah Putri Martapura (p=1,000).
Pembahasan: Ada beberapa faktor yang memengaruhi kejadian dismenore primer, sehingga faktor stres tidak dapat menjadi faktor tunggal penyebab terjadinya dismenore pada remaja putri.
Kata kunci: dismenore primer, remaja putri, tingkat stres akademik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI