DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL MULTILITERATION REACT POSTER DI SEKOLAH DASAR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-10


Fauzi, Ahmad. 2021. “Meningkatkan Aktivitas, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Multiliteration REACT Poster di Sekolah Dasar Kota Banjarmasin.” Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: aktivitas peserta didik, kemampuan koneksi matematis, hasil belajar, bangun ruang, Multiliteration Investigation, REACT, Poster Comment.

 

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah peserta didik pasif dan tidak bersemangat belajar matematika, peserta didik kesulitan mengaitkan konsep matematika, serta lamban dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Masalah ini antara lain disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif, pengajaran antar konsep matematika yang disajikan secara terpisah dan kurang memanfaatkan contoh sehari-hari, serta tidak terbiasanya peserta didik melakukan kegiatan analisis. Hal ini menyebabkan peserta didik memperoleh hasil belajar matematika di bawah KKM yang ditetapkan, yaitu ≥65. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan mengunakan model pembelajaran Multiliteration Investigation dikombinasikan dengan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dan Poster Comment. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis peningkatan aktivitas peserta didik, menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik, dan menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik.

Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas VI B SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021 sejumlah 17 orang yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Data yang diambil berbentuk data kualitatif dan data kuantitatif, yang diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, tes kemampuan koneksi matematis peserta didik, dan hasil evaluasi mandiri yang dikerjakan peserta didik. Analisis data dilakukan berdasarkan skala persentase, pedoman penskoran, dan indikator ketuntasan yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai kriteria sangat baik, pertemuan 2 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria sebagian kecil aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif. Kemampuan koneksi matematis peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria sebagian kecil terintegrasi, pertemuan 2 mencapai kriteria hampir seluruhnya terintegrasi, dan pertemuan 3 mencapai kriteria hampir seluruhnya terintegrasi. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 35,29%, pertemuan 2 mencapai 94,11%, dan pertemuan 3 mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Multiliteration Investigation dikombinasikan dengan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dan Poster Comment di kelas VI B SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin, aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan sangat baik, aktivitas peserta didik meningkat, kemampuan koneksi matematis peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI