DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN INSTRUKSI CPR DENGAN PERINTAH TEKAN SEMAMPU ANDA TERHADAP KEDALAMAN CHEST COMPRESSION ONLY PENOLONG AWAM
PENGARANG:INTAN NURULYA HADIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-12


Latar Belakang:  Henti jantung adalah keadaan darurat yang bisa mengancam kehidupan apabila tidak segera ditangani dari tim medik. Henti jantung akan membuat jantung tidak berdetak dan darah akan berhenti mengalir mengakibatkan oksigen tidak dapat dialirkan keseluruh tubuh.

Tujuan: Mengetahui gambaran instruksi CPR dengan perintah “tekan semampu anda” terhadap kedalaman chest compression only penolong awam.

Metode: penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik sampling digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat awam yang berjumlah 30 sampel.

Hasil dan Pembahasan:Dari hasil yang didapatkan bahwa sebanyak 11 responden (36.7%) telah berhasil melakukan chest compression dengan kriteria kedalaman yang ditetapkan oleh AHA dan 19 responden (63.3%) yang tidak berhasil melakukan chest compression dengan kriteria kedalaman yang ditetapkan oleh AHA. Beberapa faktor yang menyebabkan 19 responden tidak berhasil pada penelitian ini adalah penempatan tangan responden yang kurang tepat, dan juga dari kemampuan masing – masing responden yang terlalu dangkal pada kedalaman yang dilakukan.

Kata Kunci: CPR, Henti Jantung, Kedalaman

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI