DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT DI KELURAHAN PELAMBUAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDA RACHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


Maulida Rachma, 2022. Peranan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Kelurahan Pelambuan Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) Laila Azkia.

Kata Kunci: Peranan, Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan sosial menjadi tujuan utama dari setiap negara di dunia. Salah satu hambatan untuk mencapai kesejahteraan adalah masalah kemiskinan. Pemerintah dalam upayanya menurunkan tingginya angka kemiskinan yaitu dengan meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan melalui program berbasis perlindungan sosial seperti Program Keluarga Harapan. Hadirnya Program Keluarga Harapan di Kota Banjarmasin, terutama di Kelurahan Pelambuan dengan jumlah Graduasi terbanyak selama dua tahun diantara Kelurahan lainnya di Kota Banjarmasin, tentunya fungsi peran pelaksanaan Program dan Pendampingan sosial dalam strategi bantuan merupakan aspek yang sangat penting untuk dikaji. Melalui PKH yang diprioritaskan untuk keluarga kurang mampu yang terdaftar di DTKS dan memiliki komponen di dalam keluarganya. Penelitian dilakukan di Kelurahan Pelambuan, Kota Banjarmasin. Penelitian bertujuan: (1) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (2) Untuk Menemukan Hambatan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanan Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Kelurahan Pelambuan, sudah berjalan dengan efektif karena pada pelaksanaannya telah berhasil menjalankan indikator efektivitas program sebagai berikut: Sasaran Program, Jumlah Bantuan, Waktu Penerimaan, Penggunaan Bantuan, Sosialisasi Program, Peranan Pendamping Sosial, Dampak yang Dirasakan Dalam Aspek Kesejahteraan Sosial Keluarga. (2) Hambatan dari Pelaksanan Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Kelurahan  Pelambuan, masih terdapat beberapa hambatan, yang kemudian dikelompokkan menjadi dua kategori, yakni: hambatan pada pelaksanaan (a) secara internal dan (b) secara eksternal. Selanjutnya adalah hambatan pada Pendamping Sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada Unit Pengurus PKH wilayah Kota Banjarmasin harus lebih memperhatikan pelaksanaan program, agar pemantauan dan evaluasi kinerja untuk tahap berikutnya dapat terkendali dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI