DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PILIHAN MASYARAKAT BETERNAK KAMBING DI DESA TANJUNG LALAK UTARA KECAMATAN PULAU LAUT KEPULAUAN KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:ILHAM WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


RINGKASAN

ILHAM WAHYUDI, Analisi Pilihan Masyarakat Beternak Kambing di Desa Tanjung Lalak Utara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru, di  bimbing oleh Anis Wahdi dan Muhammad Riyadhi.

 

            Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui alasan dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam menentukan pilihan beternak kambing dan tidak beternak kambing di Desa Tanjung Lalak Utara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru. Penelitian dilaksanakan di Desa Tanjung Lalak Utara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret 2021 sampai Maret 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.

            Hasil penelitian menunjukkan , untuk analisis pilihan masyarakat beternak kambing di Desa Tanjung Lalak Utara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru di pengaruhi beberapa faktor, yaitu nilai ekonomis, lahan, sosial budaya, bibit kambing, dan manajemen pemeliharaan dikategorikan bermanfaat. Faktor modal dan kesehatan ternak dikategorikan cukup bermanfaat. Faktor peran pemerintah dikategorikan tidak bermafaat dan faktor pakan yaitu pakan hijau (rumputan) dikategorikan tersedia sementara pakan konsentrat dikategorikan kurang tersedia. Alasan masyarakat memilh tidak beternak kambing memiliki beberapa faktor yaitu kurangnya modal, hasil kurang menguntungkan, keterbatasan pakan ternak serta kambing sering mengalami kematian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI