DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbaikan pH tanah dengan formulasi kapur, bahan organik dan pupuk NPK serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung di areal pasca tambang batubara
PENGARANG:Anzelyta Nadya Luthaviani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


Derajat kemasaman tanah yang tinggi merupakan salah satu permasalahan lahan pasca tambang batubara. Rendahnya pH tanah menyebabkan kurangnya unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dan meningkatkan kelarutan unsur logam di dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pH tanah menggunakan formulasi amelioran kapur, bahan organik dan pupuk NPK, serta mengetahui pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung (Zea mays L.) pada areal pasca tambang batubara. Penelitian ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal berupa formulasi amelioran. Rancangan perlakuan terdiri atas 10 perlakuan dan masing-masing diulang sebanyak tiga kali sehingga terdapat 30 satuan percobaan. 

Hasil penelitian menunjukkan pemberian formulasi amelioran kapur, bahan organik, dan pupuk NPK berpengaruh terhadap perbaikan pH tanah serta mampu meningkatkan pertumbuhan serta produksi tanaman jagung (Zea mays L.) di lahan pasca tambang batubara. Kapur yang diformulasikan dengan pukan sapi dan pupuk NPK dengan dosis yang tepat (perlakuan K8 formulasi kapur 3 t/ha, pukan sapi 10 t/ha dan pupuk NPK 50 kg/ha) dapat memberikan hasil terbaik untuk meningkatkan pH tanah, pertumbuhan dan produksi tanaman jagung, dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI