DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Saluran Pemasaran Dan Strategi Pemasaran Usaha Pembenihan Ikan Nila ”Ijul” Di Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:TRI ARDI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  1) Mencari saluran pemasaran yang efektif dan 2) Menentukan strategi pemasaran usaha pembenihan Ikan Nila “Ijul” Di Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan jenis data merupakan data kualitatif dan kuantitatif.Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dan untuk sampel pembeli digunakan metode snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah 1) analisis saluran pemasaran dan 2) analisis strategi pemasaran. Dalam analisis strategi pemasaran terdapat analisis SWOT, pembobotan, Matrix SWOT dan Kuadran SWOT.Hasil analisis menjelaskan bahwa 1)saluran pemasaran terdapat 2 pola yaitu (a) pola I pembenih ikan nila→ pembudidaya bermodal besar→ pembudidaya bermodal kecil dan (b)  Pola II pembenih ikan nila→ pembudidaya bermodal kecil dan didapatkan bahwa pola saluran II lebih efisien, karena 89% proses pemasaran terdapat di saluran II, 2) Hasil analisis strategi pemasaran didapatkan nila y sebesar (-0,15) dan x sebesar (-1,15). Berdasarkan nilai y dan x didapatkan hasil kuadran IV kelemahan dan ancaman. Sehingga strategi yang diusulkan adalah meningkatkan kualitas benih dan membuat media promosi online shop.

Kata Kunci: Usaha Pembenihan, Benih Ikan Nila, Saluran Pemasaran dan Strategi Pemasaran

ABSTRAK

This study aims to 1) find effective marketing channels and 2) determine the marketing strategy of the "Ijul" Tilapia hatchery business in Sungai Alang Village, Karang Intan District, Banjar Regency, South Kalimantan Province. Sources of data used are primary data and secondary data, while the types of data were qualitative and quantitative data. The method used in collecting data was the method of interview, observation and documentation. The location of this study was determined based on the purposive sampling method and for the buyer sample used the snowball sampling method. The data analysis used were 1) marketing channel analysis and 2) marketing strategy analysis. In the Marketing strategy analysis consisted of a SWOT analysis, weighting, SWOT Matrix and SWOT Quadrants. The results of the analysis explain that 1) there were 2 marketing channels, namely (a) pattern I for tilapia farmers → large capital farmers → small capital farmers and (b) Pattern II for tilapia farmers → small capital farmers and it was found that channel II pattern was more efficient, because 89% of the marketing process was in channel II, 2) The results of the analysis of the marketing strategy obtained a value of y of (-0.15) and x of (-1.15). Based on the values ??of y and x, the results of quadrant IV were in the  weakness and threats  position. So the strategy proposed is to improve the quality of seeds and create an online shop promotion media.

Keywords: Hatchery, Tilapia Seeds, Marketing Channels and Marketing Strategy

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI