DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN EFEKTIVITAS INSTRUKSI CPR TEKAN SEKUAT ANDA DAN TEKAN SEMAMPU ANDA TERHADAP KEDALAMAN KOMPRESI DADA PADA PENOLONG AWAM
PENGARANG:Rifka Adelina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


PERBEDAAN EFEKTIVITAS INSTRUKSI CPR

TEKAN SEKUAT ANDA DAN TEKAN SEMAMPU ANDA

TERHADAP KEDALAMAN KOMPRESI DADA PADA PENOLONG AWAM

 

Rifka Adelina

Latar Belakang: Henti jantung merupakan keadaan terjadinya penghentian mendadak sirkulasi normal darah dan merupakan kondisi kegawatdaruratan yang mengancam jiwa. Orang awam yang menemukan kejadian Out-of-Hospital Cardiac Arrest (OHCA) diharapkan dapat memberikan pertolongan pertama pada pasien yang diinstruksikan melalui panggilan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas instruksi CPR tekan sekuat anda dan tekan semampu anda terhadap kedalaman kompresi dada pada responden penolong awam.

Metode: Penelitian inimenggunakan metode jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experimental. Instrumen pada penelitian ini mengunakan aplikasi QCPR Training dan lembar dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah masyarakat awam dengan masa dewasa awal yaitu usia 18-40 tahun di daerah Martapura dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan 30 orang sebagai sampel pada setiap instruksi yang menggunakan sampel minimal. Jadi, besar sampel pada penelitian ini adalah 60 orang.

Hasil: Hasil uji statistik Mann-Whitney, didapatkan nilai p-value 0,329 (p-value 0,329>=0,05). Maka dari itu, hasil uji tidak signifikan secara statistik, dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan efektivitas antara instruksi CPR tekan sekuat anda dan tekan semampu anda.

Diskusi: CPR yang dipandu oleh operator dengan telepon suara untuk penolong awam yang tidak terlatih adalah situasi dengan kompleksitas tertinggi, maka instruksi yang disederhanakan dan dapat dipahami akan membantu penolong agar dapat memberi pertolongan yang sesuai.

Kata Kunci: Kedalaman Kompresi Dada, Resusitasi Jantung Paru, Instruksi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI