DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Orang Tua Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pembelajaran Online Siswa SMP Negeri 14 Banjarbaru
PENGARANG:RR. ANI ANJARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


Pada masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara online atau jarak jauh. Siswa dituntut memiliki gawai (handphone) untuk menunjang proses pembelajaran. Sebagai orang tua, berkewajiban memenuhi kebutuhan anak selama pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mendiskripsikan kondisi sosial dan ekonomi orang tua siswa SMP Negeri 14 Banjarbaru, kedua Mendiskripsikan strategi orang tua dalam pemenuhan kebutuhan pembelajaran online siswa SMP Negeri 14 Banjarbaru, dan ketiga  Menganalisis hasil pembelajaran online siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini secara purposive dengan 20 orang informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi dan member check.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi sosial ekonomi orang tua siswa dapat diklasifikasikan ke dalam tiga tingkatan kelas yaitu kelas atas (upper clas), kelas menengah (middle class) dan kelas bawah (lower class), (2) strategi orang tua dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran online siswa dengan menabung, berhemat dan mempertimbangkan prioritas kebutuhan anak, dan (3) Hasil belajar online mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan  penelitian dapat ditarik kesimpulan (1) kondisi sosial ekonomi orang tua siswa di masa pandemi mengharuskan mereka mencaripenghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan pendidikan anak-anak, (2) strategi orang tua dalam pemenuhan kebutuhan belajar anak yakni dengan memenuhi sarana prasana belajar siswa dan bantuan dari keluarga, (3) hasil belajar online siswa menurun. saran pada penelitian ini (1) sekolah dapat memperbaharui data siswa dan memberikan fasilitas berupa belajar di laboratorium komputer sekolah., dan (2) orang tua lebih aktif untuk mencari informasi perihal bantuan pemerintah dan memprioritaskan kebutuhan belajar anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI