DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perancangan Struktur Jembatan Sungai Martapura Kabupaten Banjar
PENGARANG:Teguh Prastiyo
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN

SUNGAI MARTAPURA KABUPATEN BANJAR

 

Teguh Prastiyo, Ir. Markawie, M.T.

Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jalan Jenderal A. Yani Km. 36 Banjarbaru

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

email: teguhprastiyo01@gmail.com

 

ABSTRAK

 

          Jembatan sungai Martapura terletak di jalan A.Yani KM 40 Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.Proses lalu lintas yang terjadi di jalan A. Yani KM 40 Martapura sering mengalami kendala karena sering terjadi kemacetan dan kondisi jembatan IA yang sudah tua kadang membuat pengguna berkendara mengalami keresahan jika melewati jembatan yang terletak di sungai Martapura itu. Sehingga pada lokasi sungai Martapura ini dipandang memerlukan pembangunan jembatan di samping jembatan IA agar jembatan IB yang akan dibangun ini bisa lebih kokoh dan tahan lama sehingga tidak ada keresahan bagi pengguna berkendara dan juga untuk mengurangi kemacetan yang terjadi, dimana nantinya jembatan IB akan dijadikan jalan dengan satu arah saja ke arah Banjarmasin dan jembatan martapura IA akan dijadikan jalan dengan satu arah saja ke arah Hulu Sungai sehingga dengan ini lebih mempermudah kelancaran lalu lintas di Jalan A.Yani KM 40 Martapura.

Metodologi yang digunakan dalam perencanaan pembebanan mengacu pada SNI 1725-2016 tentang Standar Pembebanan untuk Jembatan.Untuk metodologi dalam perhitungan kehilangan tegangan mengacu pada NAASRA Bridge Design Specification tentang Spesifikasi Desain Jembatan Bab VI (Desain Beton Prategang). Untuk metodologi dalam menghitung momen lantai kendaraan menggunakan metode Persamaan Tiga Momen dan untuk metodologi penurunan pondasi tiang kelompok menggunakan metode Schultze dan Sheriff (1973), dengan menganggap bahwa tiang pancang kelompok berupa Equivalent Raft Foundation. Material yang digunakan pada perencanaan struktur atas adalah beton prategang, sedangkan pada struktur bawah direncanakan menggunakan material beton bertulang dengan pondasi square pile.

Hasil yang diperoleh adalah jembatan tipe T-Girder Prategang dengan kelas A, bentang 34 m, lebar lalu lintas 7 m, dan lebar trotoar masing-masing 1 m. T-Girder Prategangdi desain menggunakan beton mutu fc’ 40 MPa (K-482). Strands yang digunakan adalah uncoated 7 wire super strands ASTM A-416 grade 270 dengan diameter 12,7 mm dengan luas 100 mm2 dengan kuat tariknya sebesar 1860 MPa. Sedangkan untuk struktur bawah didesain abutmentmenggunakan beton dengan mutu fc’ 25 MPa (K-300) dengan tinggi 565 cm, lebar 480 cm dan panjang 1050 cm. Struktur pondasi menggunakan tiang pancang tipe Square Pile dengan panjang 15 m dengan mutu 50 MPa (K-600)dengan lebar60x60 cm dengan konfigurasi 18 tiang untuk setiapabutment. Estimasi Rencana Anggaran Biaya pembangunan jembatan sungai Martapura adalah Rp 8.129.511.475,00.-.

 

Kata kunci : Jembatan,T-Girder Prategang,Square Pile.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI